REVOLUSI KAUM MUDA YANG CERDAS

ddb6316c045daa1b5291c7065c88a46a

Yang menarik, kaum muda betul-betul maenjadi motor ‘revolusi kecerdasan’ Jepang. Tahukah anda bahwa rata-rata mereka berusia 30-an tahun atau sedikit yang lebih muda. Menteri pendidikan pertama Jepang di era Meiji adalah Mori Arinori. Ia sudah menjadi duta besar untuk Amerika di usia 24 Tahun! Sang arsitek revolusi, Yukichi Fakuzawa ke Amerika juga pada usia 25 tahun! Dan sang kaisar Meiji sendiri menjadi kaisar di usia 15 tahun! Dia memimpin Jepang selama 44 tahun ke depan. Ya, ketika para orang tua sering bingung menghadapi masalah, anak-anak muda kadang mempunyai pikiran alternatif. Mereka tak terhalang masa lalu untuk menciptakan masa depan, bukan hanya masa depan untuk diri sendiri tapi juga masa depan untuk bangsa mereka.

Tak hanya Jepang, Thodore Roosevelt menjadi presiden termuda Amerika Serikat pada usia 42 tahun, John F.Kennedy dan Barrack Obama di usia 43 tahun dan 44 tahun. Nabi Muhammad dilantik menjadi utusan Allah di usia 40 tahun. Pemimpin terbesar kejayaan Islam adalah khalifah Harub Ar Rasyid. Ia memegang tumpuk pimpinan wilayah Islam pada usia 21 tahun. Di dataran eropa, Ratu Elizabeth I yang memimpin Inggris menghadapi perang dunia I sudah duduk di tahta kerajaan Inggris di usia 25 tahun. Napoleon Banoparte yang mampu menguasai daratan Eropa, mulai berkuasa di usia 30 tahun. Aleksander Agung mulai menjadi raja Mecedonia di usia 20 tahun dan menguasai sepertiga dunia di usia 30 tahun. Ibnu Sina menulis buku pertamanya di usia 21 dengan judul ‘Al Majmu’. Ibnu khaldun menjadi sekretaris Sultan du Tunisia pada usia 21 tahun. Imam Syafi’I telah diizinkan memberi fatwa di usia 15 tahun.

Pada umur 26 tahun, Soekrano telah mampu mendirikan PNI dan menjadi presiden pertama Indonesia pada usia 44 tahun. Habibie pada usia 29 tahun talah menjadi kepala riset perusahaan penerbangan di Hamburg, Jerman. Adam malik bersama beberapa temannya mendirikan kantor berita antara pada usia 20 tahun, umur 29 tahun ia mendrikan partai rakyat. HAMKA pada usia 21 tahun telah menulis banyak buku antara lain ‘Pembela Islam’ Ringkasan Tarikh Islam’, ‘Adat Minangkabau dan Agma Islam’. Sebelumnya dia telah menulis roman ‘Si sabariah’ di usia 20. Pertanyaannya sejak usia berapa mereka belajar?

Daftar Pustaka
Yunsirno. 2010. Keajaiban Belajar. Pustaka Junius Publishing

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s